CIREBON – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi para penumpang. Senin (30/6/2025).
Terobosan terbaru dilakukan dengan menghadirkan Kereta Makan (M1) berstandar premium pada dua layanan unggulan, yakni KA Cakrabuana (relasi Gambir – Cirebon – Purwokerto PP) dan KA Gunungjati (relasi Gambir – Cirebon – Semarang Tawang Bank Jateng PP).
Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin, mengatakan bahwa kehadiran kereta makan ini tidak hanya bertujuan memenuhi kebutuhan konsumsi penumpang, tetapi juga menjadi bagian dari strategi meningkatkan kenyamanan dan menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih berkesan.
“Kereta Makan ini tidak hanya sekadar tempat makan, tetapi juga menjadi bagian dari upaya untuk menciptakan perjalanan yang lebih menyenangkan dan berkesan bagi pelanggan,” ujar Muhibbuddin.
Dirancang oleh Balai Yasa Tegal, kereta makan ini mengusung konsep mewah, ergonomis, dan fungsional. Interiornya didominasi warna “classic brown” dengan perpaduan tekstur kayu dan ornamen batik pada dinding serta plafon, memberikan nuansa elegan dan hangat khas budaya lokal.
Beberapa fasilitas unggulan yang ditawarkan antara lain, Ruang makan luas dengan tata letak ergonomis, Kursi sofa premium yang nyaman, Meja makan simpel elegan dan Bahan interior anti-bakteri, tidak mudah terbakar, dan mudah dibersihkan serta Ruang ibadah (mushola) lengkap dengan mihrab dan tempat perlengkapan salat.
“Dengan desain interior yang mewah dan fasilitas lengkap, kami ingin memberikan standar pelayanan yang lebih tinggi,” tambah Muhibbuddin.
Kereta makan ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah dalam perjalanan jarak menengah hingga jauh, sekaligus sebagai ruang interaksi sosial yang nyaman selama dalam perjalanan.
KAI menegaskan bahwa inovasi seperti ini akan terus dilakukan sebagai bagian dari upaya menyeluruh dalam memberikan layanan transportasi publik yang aman, nyaman, dan berkelas.
“KAI akan terus berinovasi dalam berbagai aspek guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, dengan harapan para pelanggan akan semakin nyaman dalam menggunakan kereta api,” pungkas Muhibbuddin.
Foto : Petugas KAI saat melayani penumpang. (KAI)